Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Baru Deklarasi, Himperra Target Bangun 120 Ribu Rumah Murah

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Senin, 27 Agustus 2018, 15:54 WIB
rmol news logo Himpunan Pengembang Pemukiman dan Perumahan Rakyat (Himperra) yang baru-baru ini dideklarasikan menyatakan kesiapannya membantu pemerintah dalam mewujudkan program sejuta rumah.

Ketua Umum Himperra, Endang Kawidjaja optimis mampu membangun 120 ribu unit rumah subsidi.

"Sekarang target kami 120 ribu unit rumah, harapannya pada tahun 2019 target tersebut sudah terealisasi," tuturnya dalam keterangannya.

Lebih lanjut Endang mengatakan, Himperra fokus membangun perumahan murah untuk golongan subsidi dan non subsidi.

"Untuk rumah subsidi kami sangat mendukung program 1 juta rumah yang dibuat pemerintah," katanya.

Dia menyebutkan, pada tahun 2016, ada sekitar 52 ribu unit rumah yang telah dibangun. Pada 2017 jumlahnya naik menjadi sekitar 60-66 ribu unit rumah subsidi.

Adapun menurut Endang, target yang dicanangkan itu setara dengan 60 hingga 70 persen dari total capaian Fasilitas Likuiditas Pembiayaan Perumahan (FLPP) dan Subsidi Selisih Bunga (SSB) pada  2017 yang sebesar 220 ribu unit.

Terutama, kata dia, dengan jumlah kepengurusan yang saat ini mencapai 31 Dewan Pengurus Daerah (DPD) setidaknya bisa meningkatkan minimal 10 persen.

Dia mengakui untuk tahun ini, pembangunan rumah subsidi tak akan semulus tahun sebelumnya. Penyebab utama karena terkendala perubahan spesifikasi rumah yang terjadi pada awal tahun.

Lebih jauh Sekjen Himperra, Ari Tri Priyono menjelaskan Himperra merupakan asosiasi baru yang dibentuk akibat gagalnya rekonsiliasi yang dilakukan oleh Asosiasi Pengembang Perumahan dan Pemukiman Seluruh Indonesia (Apersi) setelah sempat menghadapi dualisme kepemimpinan.

"Kami ini sebetulnya orang-orang lama di Apersi tapi karena di Apersi belum ada kesepakatan penyatuan pandangan dari dua pengurus Apersi maka jalan tengahnya adalah Himperra, mudah-mudahan ini menjadi lebih baik ke depannya," papar Ari.

Himperra memutuskan deklarasi pada tanggal 25 Agustus yang sekaligus juga diperingati sebagai Hari Perumahan Nasional (Hapernas). [wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA