Dimensy.id Mobile
Dimensy.id
Apollo Solar Panel

Pembangunan 100 Kota Modern Bappenas Bisa Terwujud

 LAPORAN: <a href='https://rmol.id/about/'></a>
LAPORAN:
  • Rabu, 20 September 2017, 10:40 WIB
rmol news logo Pembangunan kota modern harus didukung infrastruktur. Tujuannya untuk menunjang kualitas hidup dan mobilitas warganya.

Badan Perencanaan Pembangunan Nasional (Bappenas) sendiri sudah mempersiapkan solusi yang disebut Kebijakan dan Strategi Pembangunan Perkotaan Nasional (KSPPN) yang mencanangkan pembangunan 100 kota modern di Indonesia pada 2050.

Guru Besar Tata Ruang Universitas Indonesia Rudy Tambunan mengatakan, integrasi pemerintah pusat dan pemerintah kabupaten memainkan peran penting bagi terwujudnya pembangunan kota-kota modern seperti tertuang dalam KSPPN.

Dalam KSPPN, kata dia, perlu menyertakan adanya integrasi antara ruang terbuka hijau yang memadai, hunian, dan pembangunan infrastruktur, termasuk sistem jalan, sarana transportasi, pusat bisnis, yang menunjang mobilitas penghuni sebuah kota modern.Diperlukan sinergi antara pemerintah, masyarakat dan kalangan bisnis.

"Kuncinya adalah terus menciptakan dan menjaga sinergi tersebut," ujarnya.

Sebagai contoh pembangunan kota modern, kata dia, adalah pembangunan Meikarta yang dilakukan oleh Lippo Group di Cikarang. Pembangunan hunian dengan kawasan ruang terbuka hijau seluas 100 hektare dan sistem jalan yang mengadopsi sistem grid seperti yang dilakukan di New York dan compact city di Singapura tersebut merupakan contoh dari pembangunan kota modern yang terintegrasi.

Sistem grid ini dapat mewujudkan sinergi infrastruktur dengan aktivitas gaya hidup dari masyarakat secara lebih efisien. "Sistem penataan ruang kota modern dapat mengakomodir kebijakan-kebijakan pemerintah pusat di daerah, contohnya pembangunan kereta cepat, dan dinamika pembangunan daerah. Dinamika di sini dalam artian menunjukkan manfaat ekologis dari penataan kepadatan bangunan," kata Rudy.

Dengan terbangunnya kota-kota modern itu diharapkan arus urbanisasi tidak lagi tertuju hanya ke Jakarta, tapi dapat tersebar secara merata ke kota-kota modern di sekitarnya. Seperti yang diketahui, kabupaten-kabupaten sekarang ini mengalami limpahan penduduk setiap tahunnya ke kota-kota besar di sekitarnya. Misalnya, banyak pekerja di Jakarta saat ini tinggal di kota-kota kabupaten di sekitar Jakarta seperti Tangerang, Bekasi, Depok, Bogor  dan Cikarang untuk mendapatkan harga hunian yang lebih terjangkau.
 
Apabila kota-kota satelit yang ada di sekitar Jakarta bahkan Indonesia mau mengadopsi konsep di atas dan mengintegrasikan rencana mereka dengan stakeholder terkait, maka pembangunan 100 kota modern sesuai dengan KSPPN dapat terwujud. "Dengan demikian, para profesional muda punya pilihan lain untuk memulai hidupnya di kota idaman mereka," tukasnya.[wid]

Temukan berita-berita hangat terpercaya dari Kantor Berita Politik RMOL di Google News.
Untuk mengikuti silakan klik tanda bintang.

ARTIKEL LAINNYA